impulse buying
adalah perilaku orang yang tidak
merencanakan sesuatu dalam berbelanja. Konsumen yang melakukan impulse
buying tidak berpikir untuk membeli produk atau merek tertentu. Mereka
langsung melakukan pembelian karena ketertarikan pada merek atau produk
saat itu juga. Rook dan Fisher misalnya pernah mendefinisikan impulse buying sebagai
kecenderungan konsumen untuk membeli secara spontan, reflek,tiba-tiba, dan
otomatis.Dari definisi ini terlihat bahwa
impulse buying merupakan
sesuatu yang alamiahdan merupakan reaksi yang cepat. Namun demikian, dalam
situasi dan waktu apa ituterjadi, memang tidak dijelaskan. Jadi impulse buying
ini bisa terjadi di mana saja dankapan saja. Termasuk pada saat melihat iklan
di televisi atau billboard, dan kemudian sikonsumen
langsung membeli. Namun demikian, istilah ini lebih sering dipakai di
duniaritel.
impulse buying terjadi pada
saat si konsumen masuk ke toko ritel dan ternyatamembeli produk di ritel
tersebut tanpa merencanakan sebelumnya.
Hal-hal yang Mempengaruhi Konsumen untuk Melakukan
Impulse Buying
Ada beberapa
hal yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan
impulse buying, yaitu :
1. Produk yang memiliki kesempatan
untuk terjadinya impulse buying umumnyaadalah
produk yang memiliki harga rendah sehingga konsumen tidak perlu berpikir untuk menghitung bajet yang dimilikinya.
2. Produk-produk yang memiliki mass advertising, sehingga ketika
berbelanja sikonsumen ingat bahwa produk tersebut pernah diiklankan di
televisi.
3. Produk-produk
dalam ukuran kecil ringan dan mudah disimpan. Biasanya,konsumen mengambil produk ini karena dianggap
murah dan tidak terlalumembebani keranjang atau kereta belanjanya.
4. Hal lain yang bisa mempengaruhi orang
melakukan impulse buying adalah produk self-service . Misalnya si konsumen
bisa menuang sendiri minumannya ataukonsumen bisa langsung memanaskan
makanannya lewat microwave. Selain itu,kemampuan si pemasar membuat visualisasi
yang baik juga bisa menciptakanimpulse
buying.
Window
shopping
artinya melihat-lihat, baik
melihat barang-barang yang di toko maupun ditempat lain. Jalan-jalan di mall sambil melihat-lihat barang di
balik etalase (window shopping) merupakan salah satu bentuk rekreasi.
Orang yang melakukan cuci mata di pertokoan mungkin merasa senang hanya dengan
membayangkan membeli barang-barang di balik etalase, atau menjadi tertarik
untuk membelinya di kemudian hari.
Pengertian
niche ada
2 buah, yaitu :
1. Posisi / aktifitas yang cocok bagi
bakat dan kepribadian seseorang sehingga dia bisa sukses berkembang dalam area
keahlian tsb.
2. Pasar yg telah terkonsentrasi.
Pangsa pasar yg terspesialisasi pada satu jenis produk atau layanan.
Niche memang merupakan frase kata
untuk topik atau subjek tertentu yang fokus dan potensial diminati oleh kelompok
tertentu (popular). Dalam tata bahasa Indonesia kata niche dapat diartikan
sebagai “ceruk”. Menurut wikipedia kata niche diberi pengertian sebagai ‘bagian
dari sektor pasar yang fokus dan ditargetkan’
Ceruk
ceruk adalah suatu kelompok kecil yang memiliki kekuatan besar. suatu organisme atau populasi yang memiliki tanggung jawab
untuk menentukan kemampuan spesies untuk bertahan hidup. Dia adalah orang yang
menentukan apakah suatu organisme atau populasi akan binasa atau berkembang.
Dalam pemasaran, niche merujuk ke layanan atau
produk yang menempati area khusus permintaan. Hal ini sudut kecil di pasar yang
mewakili jenis tertentu khusus mengenai kebutuhan pelanggan yang belum
terpenuhi. Untuk dapat menarik pasar yang kuat dan solid, memilih produk niche
akhirnya harus melengkapi website yang Anda sendiri. Ini adalah melalui sistem
yang mampu menghasilkan ceruk pasar khusus untuk produk, kami mencoba untuk
menjual. Untuk ceruk yang terlibat dalam
pemasaran ceruk, proses menemukan segmen pasar kecil tapi berpotensi
menguntungkan. Untuk menjaga kuantitas yang menguntungkan penjualan, strategi
pemasaran bergantung pada loyalitas pelanggan untuk tujuan mereka dalam bisnis
terpenuhi atau terlampaui. Contoh dari ini adalah bahwa kualitas produk atau
jasa yang dijual akan menghasilkan kepuasan pelanggan dan, akibatnya, loyalitas
pelanggan. Hasilnya adalah profitabilitas diperoleh melalui basis pasar yang
solid yang percaya pada kemampuan untuk benar-benar memberikan produk atau
jasa. Salah satu hal tentang niche
pemasaran adalah bahwa hal itu mendorong mereka yang sukarela untuk menjadi
unik dan terbaik dalam genre. Di sini, kita tidak dipaksa untuk berada di
kandang singa dan berada dalam persaingan dengan pengecer mapan. Ia memiliki
posisi yang kuat dan aman bagi kita layak di akhir sebuah tempat yang benar di
pasar. Niche pemasaran berbeda dari yang lain strategi pemasaran online karena
kualitas tertentu memungkinkan untuk beroperasi hampir mandiri dan tanpa harus
bersaing dengan perusahaan yang hiu air mata untuk potongan dengan satu sama
lain. Salah satu hal paling penting yang
harus dipikirkan oleh mereka yang terlibat dalam jenis bisnis adalah ceruk
bisnis yang akan terlibat dalam proses. Hal ini penting untuk mempertimbangkan
jenis bisnis yang kita akan dapat bekerja untuk dia keberhasilan yang kita
berharap untuk memiliki. Hal ini juga penting baginya untuk mengetahui segala
sesuatu tentang bisnis niche di tangan. Pelajari trik-trik perdagangan adalah
salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk sebuah ceruk bisnis yang sangat
sukses. Jadilah mampu menjangkau pasar
niche adalah pertimbangan lain untuk membuat. Untuk melakukan ini, kita harus
tahu frasa tepat yang orang mencari. Penggunaan alat-alat dapat membantu banyak
untuk mengetahui jenis kata kunci yang harus digunakan untuk membuat perusahaan
menguntungkan. Target kata kunci yang tepat melakukan banyak melambung jenis
kasus. Mereka yang terlibat dalam
pemasaran ceruk tahu bahwa menentukan potensi sebelum segala sesuatu yang lain,
suatu keharusan jika Anda ingin menyimpan semua waktu dan usaha yang bisa
hilang jika terjun kepala segera . Membuat situs niche pemasaran yang terbukti
menguntungkan harus dilakukan menurut survei kepuasan pelanggan diidentifikasi.
Dan pemasaran yang tepat dari situs dengan menghubungi pelanggan untuk dengan
cara yang terbaik adalah apa yang niche pemasaran harus mempertimbangkan apakah
mereka ingin bisnis mereka untuk mencapai keberhasilan meroket. Niche pemasaran diperlukan dalam dunia yang penuh
dengan ratusan sistem yang dirancang bagi orang untuk membuat uang online?
Mereka yang tahu bagaimana sistem merespon dalam afirmatif, karena niche
pemasaran adalah sistem hanya mampu mengisi lubang menganga di pasar dengan
memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi pelanggan – kebutuhan yang umumnya
tidak puas dengan orang-orang dari pengadilan besar. Meskipun dalam pemasaran
ceruk, kita dapat mendapatkan pijakan di pasar dengan menjadi jarum di tumpukan
jerami. Ini mungkin kecil dan bijaksana, namun kemampuannya untuk menyengat
orang yang begitu gila, sekali ditemukan akan membuat lebih dari terkejut.
Eksekutif Muda
Kita
seringkali mendengar kata eksekutif, apalagi eksekutif muda. Profesi ini tentu
menjadi impian banyak orang dan ternyata semua orang bisa menjadi eksekutif
sukses di bidangnya.
Eksekutif
adalah semua karyawan yang karena ilmu atau jabatannya mampu memberikan kinerja
atau output yang positif bagi organisasi. Artinya, Eksekutif tidak terbatas
pada jabatan Direksi atau Manajer saja, bahkan Kepala Ruangan Keperawatan, atau
Kepala Unit Cleaning Service, yang mampu memberikan pelayanan yg memuaskan bagi
pasiennya di RS adalah juga seorang Eksekutif.
Ciri Eksekutif yg terpenting adalah “…To get the right
things Done”. Bagaimana dia menyelesaikan pekerjaannya secara baik dan tepat
dalam waktu yang tepat. Seorang eksekutif tidak bertanya:”Apa saja yg harus
dikerjakan?” , tetapi bertanya:” Apa yang saat ini harus dikerjakan!” . Lalu
akan menilai “…dari semua masalah yang bisa membuat perubahan, mana yang cocok
untuk saya?” . karena mereka tak akan menangani masalah yang mereka tidak
kuasai, mereka hanya memilih yg mereka kuasai saja. Mereka akan melepaskan
masalah lain tadi pada orang yg tepat dan menguasai bidang tsb. Mereka tidak
takut mempunyai bawahan yang jauh lebih pandai dari mereka.
Mereka harus berlatih untuk menguasai lima (5) hal yg sangat
penting agar menjadi efektif. Latihan harus dilakukan setiap saat, sehingga
kelima hal tsb menjadi habits, seperti mengemudi mobil yg kita lakukan tanpa
berpikir lagi, sudah menjadi otomatis dalam kegiatan kita.
Kelima
hal tsb adalah:
1. Manajemen Waktu
2. Fokus Upaya anda agar bisa memberi
kontribusi pd siapa saja
3. Membuat kekuatan kemampuan anda
menjadi produktif bagi organisasi
4. Konsentrasi upaya pada kegiatan
terpenting yang menghasilkan hasil yg terbaik dan terbesar,
5. Membuat keputusan yg efektif.
Hal pertama dan keempat adalah kunci bagi seorang Eksekutif
yg efektif.
Jumlah pekerjaan dan masalah sangat banyak, tetapi waktu terbatas, sehingga manajemen waktu adalah mutlak bagi eksekutif. Mulai dengan menghilangkan waktu yg digunakan untuk kegiatan tak bermanfaat (nonton TV, telenovela, dll). Setelah waktu anda terbebas dari waktu yg tak berguna, lalu konsentrasi pada kegiatan yg memberi hasil yg terbesar. Juga pusatkan agar anda bergerak dgn kekuatan anda, atau anak buah anda, dengan memilih tugas yang paling sesuai dengan keahlian anda. Bidang yang tak begitu anda kuasai agar diserahkan pada orang lain yang ahli dan mampu pada bidang tersebut. Jangan takut mempunyai bawahan yang lebih pandai, karena justru mereka yg pandai itulah yang akan mengangkat anda ketempat yg lebih tinggi.
Jumlah pekerjaan dan masalah sangat banyak, tetapi waktu terbatas, sehingga manajemen waktu adalah mutlak bagi eksekutif. Mulai dengan menghilangkan waktu yg digunakan untuk kegiatan tak bermanfaat (nonton TV, telenovela, dll). Setelah waktu anda terbebas dari waktu yg tak berguna, lalu konsentrasi pada kegiatan yg memberi hasil yg terbesar. Juga pusatkan agar anda bergerak dgn kekuatan anda, atau anak buah anda, dengan memilih tugas yang paling sesuai dengan keahlian anda. Bidang yang tak begitu anda kuasai agar diserahkan pada orang lain yang ahli dan mampu pada bidang tersebut. Jangan takut mempunyai bawahan yang lebih pandai, karena justru mereka yg pandai itulah yang akan mengangkat anda ketempat yg lebih tinggi.
Hal terakhir adalah pembuatan keputusan yg efektif. Disini
anda membutuhkan pemetaan masalah dan spesifikasi keputusan yg efektif. Dan
keputusan tidak akan berguna sebelum hal itu dijalankan, dan dilanjuti dengan
umpan balik dari pelaksanaan kegiatan tsb “Seorang eksekutif yang ingin
mencapai sukses harus memiliki lima kunci sukses yaitu:
·
Target
karier
·
Kompetensi
·
Konsistensi
·
Koneksi
·
Komitmen
Pertama-tama,
untuk menjadi seorang eksekutif andal, dibutuhkan target karier yang ditulis
dengan memetakan imajinasi atau lebih dikenal dengan mind mapping. Satu jalur
untuk setiap target.
Setelah
memetakan target, perlu meningkatkan kompetensi yang kita miliki di bidang
tersebut. Kemudian, secara konsisten mengembangkan kompetensi tersebut. Setelah
matang secara kompetensi, kita perlu mencari koneksi tempat bekerja yang cocok
dengan kompetensi yang dimiliki. Setelah itu, kita harus memiliki komitmen
dalam menjalankan pekerjaan tersebut.
Dan untuk bisa bertahan di tempat kerja yang baru diperlukan
dua tips and trik. Pertama, kenali tempat Anda melamar kerja kemudian ubah diri
Anda dan sesuaikan dengan budaya tempat Anda bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar