Selasa, 29 Oktober 2013

Pengertian Impulse Buying, Window Shopping, Niche, Ceruk, dan Eksekutif Muda

impulse buying  
adalah perilaku orang yang tidak merencanakan sesuatu dalam berbelanja. Konsumen yang melakukan impulse buying tidak berpikir untuk membeli produk atau merek tertentu. Mereka langsung melakukan pembelian karena ketertarikan pada merek atau produk saat itu juga. Rook dan Fisher misalnya pernah mendefinisikan impulse buying  sebagai kecenderungan konsumen untuk membeli secara spontan, reflek,tiba-tiba, dan otomatis.Dari definisi ini terlihat bahwa
impulse buying merupakan sesuatu yang alamiahdan merupakan reaksi yang cepat. Namun demikian, dalam situasi dan waktu apa ituterjadi, memang tidak dijelaskan. Jadi impulse buying ini bisa terjadi di mana saja dankapan saja. Termasuk pada saat melihat iklan di televisi atau billboard, dan kemudian sikonsumen langsung membeli. Namun demikian, istilah ini lebih sering dipakai di duniaritel.
impulse buying terjadi pada saat si konsumen masuk ke toko ritel dan ternyatamembeli produk di ritel tersebut tanpa merencanakan sebelumnya.

Hal-hal yang Mempengaruhi Konsumen untuk Melakukan Impulse Buying

Ada beberapa hal yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan
impulse buying, yaitu :

1.      Produk yang memiliki kesempatan untuk terjadinya impulse buying umumnyaadalah produk yang memiliki harga rendah sehingga konsumen tidak perlu berpikir untuk menghitung bajet yang dimilikinya.
2.       Produk-produk yang memiliki mass advertising, sehingga ketika berbelanja sikonsumen ingat bahwa produk tersebut pernah diiklankan di televisi.
3.      Produk-produk dalam ukuran kecil ringan dan mudah disimpan. Biasanya,konsumen mengambil produk ini karena dianggap murah dan tidak terlalumembebani keranjang atau kereta belanjanya.
4.       Hal lain yang bisa mempengaruhi orang melakukan impulse buying adalah produk self-service . Misalnya si konsumen bisa menuang sendiri minumannya ataukonsumen bisa langsung memanaskan makanannya lewat microwave. Selain itu,kemampuan si pemasar membuat visualisasi yang baik juga bisa menciptakanimpulse buying.

Window shopping
 artinya melihat-lihat, baik melihat barang-barang yang di toko maupun ditempat lain. Jalan-jalan di mall sambil melihat-lihat barang di balik etalase (window shopping) merupakan salah satu bentuk rekreasi. Orang yang melakukan cuci mata di pertokoan mungkin merasa senang hanya dengan membayangkan membeli barang-barang di balik etalase, atau menjadi tertarik untuk membelinya di kemudian hari.

Pengertian niche ada 2 buah, yaitu :

1.       Posisi / aktifitas yang cocok bagi bakat dan kepribadian seseorang sehingga dia bisa sukses berkembang dalam area keahlian tsb.
2.       Pasar yg telah terkonsentrasi. Pangsa pasar yg terspesialisasi pada satu jenis produk atau layanan.
Niche memang merupakan frase kata untuk topik atau subjek tertentu yang fokus dan potensial diminati oleh kelompok tertentu (popular). Dalam tata bahasa Indonesia kata niche dapat diartikan sebagai “ceruk”. Menurut wikipedia kata niche diberi pengertian sebagai ‘bagian dari sektor pasar yang fokus dan ditargetkan’

Ceruk
ceruk adalah suatu kelompok kecil yang memiliki kekuatan besar. suatu organisme atau populasi yang memiliki tanggung jawab untuk menentukan kemampuan spesies untuk bertahan hidup. Dia adalah orang yang menentukan apakah suatu organisme atau populasi akan binasa atau berkembang. Dalam pemasaran, niche merujuk ke layanan atau produk yang menempati area khusus permintaan. Hal ini sudut kecil di pasar yang mewakili jenis tertentu khusus mengenai kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi. Untuk dapat menarik pasar yang kuat dan solid, memilih produk niche akhirnya harus melengkapi website yang Anda sendiri. Ini adalah melalui sistem yang mampu menghasilkan ceruk pasar khusus untuk produk, kami mencoba untuk menjual. Untuk ceruk yang terlibat dalam pemasaran ceruk, proses menemukan segmen pasar kecil tapi berpotensi menguntungkan. Untuk menjaga kuantitas yang menguntungkan penjualan, strategi pemasaran bergantung pada loyalitas pelanggan untuk tujuan mereka dalam bisnis terpenuhi atau terlampaui. Contoh dari ini adalah bahwa kualitas produk atau jasa yang dijual akan menghasilkan kepuasan pelanggan dan, akibatnya, loyalitas pelanggan. Hasilnya adalah profitabilitas diperoleh melalui basis pasar yang solid yang percaya pada kemampuan untuk benar-benar memberikan produk atau jasa. Salah satu hal tentang niche pemasaran adalah bahwa hal itu mendorong mereka yang sukarela untuk menjadi unik dan terbaik dalam genre. Di sini, kita tidak dipaksa untuk berada di kandang singa dan berada dalam persaingan dengan pengecer mapan. Ia memiliki posisi yang kuat dan aman bagi kita layak di akhir sebuah tempat yang benar di pasar. Niche pemasaran berbeda dari yang lain strategi pemasaran online karena kualitas tertentu memungkinkan untuk beroperasi hampir mandiri dan tanpa harus bersaing dengan perusahaan yang hiu air mata untuk potongan dengan satu sama lain. Salah satu hal paling penting yang harus dipikirkan oleh mereka yang terlibat dalam jenis bisnis adalah ceruk bisnis yang akan terlibat dalam proses. Hal ini penting untuk mempertimbangkan jenis bisnis yang kita akan dapat bekerja untuk dia keberhasilan yang kita berharap untuk memiliki. Hal ini juga penting baginya untuk mengetahui segala sesuatu tentang bisnis niche di tangan. Pelajari trik-trik perdagangan adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk sebuah ceruk bisnis yang sangat sukses. Jadilah mampu menjangkau pasar niche adalah pertimbangan lain untuk membuat. Untuk melakukan ini, kita harus tahu frasa tepat yang orang mencari. Penggunaan alat-alat dapat membantu banyak untuk mengetahui jenis kata kunci yang harus digunakan untuk membuat perusahaan menguntungkan. Target kata kunci yang tepat melakukan banyak melambung jenis kasus. Mereka yang terlibat dalam pemasaran ceruk tahu bahwa menentukan potensi sebelum segala sesuatu yang lain, suatu keharusan jika Anda ingin menyimpan semua waktu dan usaha yang bisa hilang jika terjun kepala segera . Membuat situs niche pemasaran yang terbukti menguntungkan harus dilakukan menurut survei kepuasan pelanggan diidentifikasi. Dan pemasaran yang tepat dari situs dengan menghubungi pelanggan untuk dengan cara yang terbaik adalah apa yang niche pemasaran harus mempertimbangkan apakah mereka ingin bisnis mereka untuk mencapai keberhasilan meroket. Niche pemasaran diperlukan dalam dunia yang penuh dengan ratusan sistem yang dirancang bagi orang untuk membuat uang online? Mereka yang tahu bagaimana sistem merespon dalam afirmatif, karena niche pemasaran adalah sistem hanya mampu mengisi lubang menganga di pasar dengan memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi pelanggan – kebutuhan yang umumnya tidak puas dengan orang-orang dari pengadilan besar. Meskipun dalam pemasaran ceruk, kita dapat mendapatkan pijakan di pasar dengan menjadi jarum di tumpukan jerami. Ini mungkin kecil dan bijaksana, namun kemampuannya untuk menyengat orang yang begitu gila, sekali ditemukan akan membuat lebih dari terkejut.

Eksekutif Muda
Kita seringkali mendengar kata eksekutif, apalagi eksekutif muda. Profesi ini tentu menjadi impian banyak orang dan ternyata semua orang bisa menjadi eksekutif sukses di bidangnya.
Eksekutif adalah semua karyawan yang karena ilmu atau jabatannya mampu memberikan kinerja atau output yang positif bagi organisasi. Artinya, Eksekutif tidak terbatas pada jabatan Direksi atau Manajer saja, bahkan Kepala Ruangan Keperawatan, atau Kepala Unit Cleaning Service, yang mampu memberikan pelayanan yg memuaskan bagi pasiennya di RS adalah juga seorang Eksekutif.
Ciri Eksekutif yg terpenting adalah “…To get the right things Done”. Bagaimana dia menyelesaikan pekerjaannya secara baik dan tepat dalam waktu yang tepat. Seorang eksekutif tidak bertanya:”Apa saja yg harus dikerjakan?” , tetapi bertanya:” Apa yang saat ini harus dikerjakan!” . Lalu akan menilai “…dari semua masalah yang bisa membuat perubahan, mana yang cocok untuk saya?” . karena mereka tak akan menangani masalah yang mereka tidak kuasai, mereka hanya memilih yg mereka kuasai saja. Mereka akan melepaskan masalah lain tadi pada orang yg tepat dan menguasai bidang tsb. Mereka tidak takut mempunyai bawahan yang jauh lebih pandai dari mereka.
Mereka harus berlatih untuk menguasai lima (5) hal yg sangat penting agar menjadi efektif. Latihan harus dilakukan setiap saat, sehingga kelima hal tsb menjadi habits, seperti mengemudi mobil yg kita lakukan tanpa berpikir lagi, sudah menjadi otomatis dalam kegiatan kita. 
 Kelima hal tsb adalah:
1.      Manajemen Waktu
2.      Fokus Upaya anda agar bisa memberi kontribusi pd siapa saja
3.      Membuat kekuatan kemampuan anda menjadi produktif bagi organisasi
4.      Konsentrasi upaya pada kegiatan terpenting yang menghasilkan hasil yg terbaik dan terbesar,
5.      Membuat keputusan yg efektif.
Hal pertama dan keempat adalah kunci bagi seorang Eksekutif yg efektif.
Jumlah pekerjaan dan masalah sangat banyak, tetapi waktu terbatas, sehingga manajemen waktu adalah mutlak bagi eksekutif. Mulai dengan menghilangkan waktu yg digunakan untuk kegiatan tak bermanfaat (nonton TV, telenovela, dll). Setelah waktu anda terbebas dari waktu yg tak berguna, lalu konsentrasi pada kegiatan yg memberi hasil yg terbesar. Juga pusatkan agar anda bergerak dgn kekuatan anda, atau anak buah anda, dengan memilih tugas yang paling sesuai dengan keahlian anda. Bidang yang tak begitu anda kuasai agar diserahkan pada orang lain yang ahli dan mampu pada bidang tersebut. Jangan takut mempunyai bawahan yang lebih pandai, karena justru mereka yg pandai itulah yang akan mengangkat anda ketempat yg lebih tinggi.
Hal terakhir adalah pembuatan keputusan yg efektif. Disini anda membutuhkan pemetaan masalah dan spesifikasi keputusan yg efektif. Dan keputusan tidak akan berguna sebelum hal itu dijalankan, dan dilanjuti dengan umpan balik dari pelaksanaan kegiatan tsb “Seorang eksekutif yang ingin mencapai sukses harus memiliki lima kunci sukses yaitu:
·         Target karier
·         Kompetensi
·         Konsistensi
·         Koneksi
·         Komitmen
Pertama-tama, untuk menjadi seorang eksekutif andal, dibutuhkan target karier yang ditulis dengan memetakan imajinasi atau lebih dikenal dengan mind mapping. Satu jalur untuk setiap target.
Setelah memetakan target, perlu meningkatkan kompetensi yang kita miliki di bidang tersebut. Kemudian, secara konsisten mengembangkan kompetensi tersebut. Setelah matang secara kompetensi, kita perlu mencari koneksi tempat bekerja yang cocok dengan kompetensi yang dimiliki. Setelah itu, kita harus memiliki komitmen dalam menjalankan pekerjaan tersebut.
Dan untuk bisa bertahan di tempat kerja yang baru diperlukan dua tips and trik. Pertama, kenali tempat Anda melamar kerja kemudian ubah diri Anda dan sesuaikan dengan budaya tempat Anda bekerja.



                   http://martha1392.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar